Sesulit Apakah Karya Ilmiah Itu?

Pada umumnya kata karya ilmiah ditemukan pada saat kita duduk dibangku perkuliahan seperti sekarang ini. Namun hal itu ternyata dapat dikerjakan juga oleh siswa-siswi sekolah bangku SMP/SMA dan sederajatnya. Mungkin yang lebih istimewa lagi ada juga anak yang umurnya dibawah kelas 1 SMP bisa membuat namanya karya ilmiah. Tapi biasanya itu dilakukan bagi adik-adik kita yang mempunyai kemampuan diluar kebiasaan anak kecil pada umumnya. Memang sepenting apa sebenarnya ‘Karya Ilmiah’ bagi kita, dan apa saja kesusahan membuat ‘Karya Ilmiah’. Berikut ulasan yang saya buat untuk dibaca bagi pengunjung blog saya…

Karya ilmiah adalah hasil yang dilakukan individu atau secara kelompok dari penelitian suatu masalah yang belum ada untuk ditemukan jalan keluar dari masalah tersebut dengan menggunakan tata cara dan etika dalam penulisan karya ilmiah yang benar dan baik serta dapat dijadikan bahan referensi bagi orang lain.

Untuk membuat karya ilmiah itu mudah tapi susah. Kenapa?karena pembuatannya tidak menulis laporan seperti biasanya kita membuat makalah contohnya. Apalagi bahasanya itu juga harus menggunakan ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Yang lebih awalnya lagi sebelum itu kita harus cermati dulu masalah apa yang akan kita jadikan landasan agar di tahap akhirnya kita yakin apa yang kita kerjakan.

Seperti yang saya bahas sebelumnya yaitu, sebelum membuat karya ilmiah kita harus cermati dulu masalah yang akan kita buat. Apakah masalah tersebut sebelumnya sudah pernah menjadi bahasan pihak lain dan ada jalan keluarnya atau tidak. Karena apabila kita membahas masalah yang jelas akhir ceritanya, untuk apalagi kita mengulang itu semua.

Setelah menemukan masalah, selanjutnya kita memikirkan teknik atau metode apa yang sanggup untuk menyelesaikannya. Dari metode atau langkah-langkah yang akan kita ambil, didalamnya terdapat bagaimana kita mencari informasi dari masalah yang sedang dihadapi. Salah satunya dengan pengamatan atau observasi hal-hal yang berkaitan langsung dengan masalah dari kemungkinan terkecil hingga yang paling kelihatan. Bila sudah terkumpul informasi yang berkaitan dengan masalah, langkah selanjutnya ialah mencari jawaban atau jalan keluar bagi masalah. Ditahap mencari jalan keluar dari masalah nyatanya memang tidak gampang, hal ini harus melalui pengkajian yang ketat dan dapat ditambah juga dengan kuisioner terhadap masyarakat sampai yang ahli atau pendidik. Lalu setelah itu baru dapat dibuat rangka bahasan dari awal, inti permasalahan, hingga jalan keluarnya seperti apa.

Dalam rangka penulisan pastinya harus terdapat kalimat-kalimat yang tepat, benar, baik, dan sesuai ejaan yang sudah disempurnakan. Kata-kata yang nantinya termasuk didalam kalimat tersebut juga harus dipilih secara tepat dengan tujuan dapat dibaca dan diartikan dengan tepat juga. Yang tidak kalah pentingnya juga dalam penulisan karya ilmiah yaitu format dari penulisan, karena misalnya tidak halamannya tentu akan menyulitkan pembaca untuk mengingat poin-poin penting yang telah ia baca.

Syukur-syukur jika karya ilmiah kita telah jadi, tapi ingat penampilan segalanya sebelum pembaca mulai membuka hasil karya ilmiah didalamnya yang sudah susah payah dibuat. Nah kalau semua sudah oke tinggal presentasinya yang bagus supaya karya kita juga dinilai bagus, bagaimana tidak terlalu sulit juga kan membuat karya ilmiah?jadi ayo kita berkarya sebanyak-banyaknya, selagi kita muda…

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Sesulit Apakah Karya Ilmiah Itu?"

Posting Komentar